Friday, February 22, 2013

Cara Membuat Kue Nogosari Kenyal Manis dan Sehat


Kue Nogosari Special

Kue Nagasari atau Nogosari (Jawa) adalah jenis kue tradisioanl dan termasuk dalam golongan kue basah. Masih sering dijumpai di pasar-pasar tradisional, oleh karenanya sering disebut dengan jajanan pasar atau jajana tradisional. Namun seiring berjalannya waktu kue ini mulai di tinggalkan. Kini kue ini bisa ditemui pada acara-acara resmi, atau acara adat seperti pada acara hajatan dan untuk sarana sesajian di acara-acara keagamaan. Jika anda ingin jajanan kue yang sehat untuk anak-nak anda ada baiknya anda membuat sendiri di rumah. Bagaimana cara membuatnya, berikut ini resep Cara Membuat Kue Nogosari Kenyal Manis dan Sehat. Yuk mulai saja kita simak cara membuatnya.

Bahan-bahan Kue Nogosari :
  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 200gram gula pasir
  • 700 ml santan kental  dari parutan 1/2 butir kelapa 
  • 5 buah pisang raja (untuk isian kue), kupas, lalu potong diagonal atau sesuai selera
  • Daun pisang secukupnya  untuk membungkus.
  • daun pandan secukupnya (penyedap aroma)

Cara Membuat Kue Nogosari Kenyal Manis dan Sehat  :
  1. Panaskan campuran santan kelapa, gula pasir dan daun pandan hingga tercampur rata dan gula larut semuanya.
  2. Tuangkan sedikit air kedalam tepung beras lalu aduk hingga rata. Masukkan tepung beras yang sudah dilarutkan ke dalam campuran santan, lalu masaklah dengan api kecil sambil terus diaduk sampai setengah matang. Lakukan hingga adonan rata dan mengental, selanjutnya angkat adonan.
  3. Persiapkan daun pisang untuk pembungkus adonan, ambil secukupnya atau beberapa sendok adonan nogosari. lalu taruhlah potongan pisang raja di bagian tengah adonan dan tutup dengan sedikit adonan hingga tertutup rata pisangnya.
  4. Bungkus rapi adonan Nogosari dengan daun pisang, Lipat kedua ujungnya agar rapi dan adonan tidak tumpah.
  5. Lakukan pembungkusan hingga semua adonan nogosari habis.
  6. Masukkan bungkusan kedalam kukusan. Kukus Nagasari kira-kira selama 45 menit hingga matang, lalu angkat Kue Nogosari. Keluarkan kue dari kukusan, biarkan agak hangat. Kue Nogosari siap diasajikan.
Nah sederhana kan cara membuatnya, tertarik untuk mencoba? Selamat mencoba dan berkreasi.

No comments:

Post a Comment