Friday, May 17, 2013

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Mudah dan Istimewa


Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Mudah dan Istimewa

Dadar gulung merupakan jajanan tradisional yang masih sangat populer karena tergolong mudah dalam proses pembuatannya dan juga mudah mendapatkan bahan-bahan pembuatnya di warung-warung terdekat rumah anda. Kue dadar gulung ini mempunyai banyak varian bahan isiannya. Rasanya yang manis dengan kulit dadar gulung yang gurih membuat makanan ini sangat popoler di kalangan masyarakat. Dari segi tampilan kue tradisional inisangat menarik dengan warna hijau pandan yang menjadi standar warna kue ini, namun soal warna bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bahan isian yang beraneka ragam juga mampu mempercantik tampilan kue hingga menarik konsumen untuk membeli atau menikmati kue ini.

Terbuat dari bahan-bahan yang mudah dan cara membuat yang tidak terlalu sulit membuat kue ini siap disajikan dalam berbagai acara formal maupun acara santai dalam setiap kesempatan. Cocok disajikan dalam acara santi bersama keluarga menikmati suasana sore yang cerah ditemani teh atau kopi sambil berkumpul bersama keluarga kecil anda di taman atau di emperan rumah atau baik juga sebagai teman nonton tv dan bekerja didepan komputer. Dan yang pasti makanan kecil ini bisa dibuat sendiri sehingga kualitas kesehatannya bisa diandalkan dibanding dengan makanan ringan instant yang saat ini tek pernah berhenti menggusur makanan tradisional nusantara.

Jika anda tidak ingin makanan kecil yang sehat dan menjadi ikon kuliner nusantara ini punah seiring terjangan makanan ringan modern, ada baiknya anda mengikuti resep sederhana dan mudah diikuti ini di rumah anda. Setidaknya buah hati tidak rewel sekaligus mengenalkan makanan khas nusantara kepada sang buah hati. Nah bagi anda yang tertarik untuk mencoba atau melengkapi resep anda silahkan saja anda simak resep specialnya di Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Mudah dan Istimewa yang akan dihadirkan untuk anda berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 150 gram tepung terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 50 gram margarin, dilelehkan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 450 ml santan
  • 1/2 sendok teh pewarna makanan hijau
  • 4 sendok makan margarine, digunakan untuk mendadar

Bahan-bahan isian :
  • 1/2 butir kelapa diparut, gunakan kelapa yang agak tua
  • 100 gram gula merah disisr halus
  • 1/4  sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan, diikat simpul

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Mudah dan Istimewa :
  1. Membuat bahan isian : Campurkanlah semua bahan lalu masaklah dengan mengguanakan api kecil sambil diaduk-aduk hingaa semua bahan tercampur rata dan kering. Setelah dirasa cukup angkatlah bahan campuran dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Campurkan semua bahan kulit dadar, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Selanjutnya lelehkan  sedikit margarine di dalam wajan dadar, lalu tuangkan adonan secukupnya sambil dibuat dadar tipis. Masak adonan hingga matang lalu angkat dan sisihkan. Lakukan membuat kulit dadar hingga adoana habis.
  3. Ambilah selembar dadar lalu isikan dengan bahan isian kelapa secukupnya. Lipat kedua sisi kulit dadar lalu gulunglah hingga bahan isian tertutup. Selanjutnya sajikan.

Nah bagaimana? Tidak sulitkan membuatnya? Segera saja praktekkan resep sederhana ini untuk melestarikan kuliner tradisional nusantara. Bahan-bahan diatas menghasilkan 18 buah kue dadar gulung istimewa Selamat mencoba dan berkreasi.

No comments:

Post a Comment