Thursday, May 23, 2013

Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih


Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih

Gemblong kicak atau di beberapa daerah menyebut dengan jadah adalah menu kue tradisional yang enak banget, terbuat dari bahan utama tepung beras ketan. Berbeda dari Kue Gemblong yang sebelumnya di bagikan, karena bahan utama gemblong yang dari Bandung menggunakan bahan dasar tepung ketan, dan tepung beras. Rasanya pun pasti berbeda, juga bentuknya. Kue gemblong kicak merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah yang tepatnya dari daerah Tegal. 

Biasanya disajikan pada saat bulan ramadhan sebagai menu yang banyak dirindukan oleh banyak orang terutama saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa, karena makanan tradisional ini memang sangat cocok sebagai menu berbuka puasa. Ada yang bilang berbukalah dengan yang manis, bukan begitu? Nah kue inilah alternatif makanan manis untuk berbuka puasa. Kue yang legit ini disajikan bersama dengan saus gula dengan santan kental yang membuat rasa kue tradisional ini menjadi unik manis dan gurih.

Nah kebetulan saat ini sedang mendekati bulan puasa ramadhan saatnya menyiapkan diri untuk berbuka dengan yang manis kan? Kebetulan kue ini memang sangat jarang ditemukan, karena memang sering dibuat hanya saat bulan puasa itupun dengan jumlah penjual yang sedikit. Untuk itu daripada pengen buka dengan menu kue yang enak ini malah ga jadi berbuka gara-gara ga nemu kue nya, sebaiknya membuat sendiri saja kue yang lezat ini, karena akan dibagikan resep specialnya di Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih yang berikut ini. Yuk segera simak dan praktekkan resepnya.

Bahan-bahan :
  • 1/2 kg beras ketan putih, direndam selama kira-kira 2 jam, lalu ditiriskan
  • 1/2 butir kelapa, diparut kasar
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • Daun pisang secukupnya, untuk alasi loyang

Bahan-bahan saus gula :
  • 1/2 liter santan, hasil parutan 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 sendok makan irisan gula merah
  • 1 sendok teh tepung beras
  • 8 mata buah nangka, potong-potong bentuk kotak dadu

Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih :
  1. Campurkanlah bahan parutan kelapa bersama dengan beras ketan putih, aduk-aduk hingga rata, selanjutnya kukuslah selama 25 menit.
  2. Didihkanlah air bersama daun pandan serta garam, lalu masukkan beras ketan dan aduk-aduklah hingga air habis, angkat campuran bahan tersebut lalu kukus hingga matang.
  3. Siapkan wadah loyang dengan ukuran 24x24x4 cm, letakkan daun pisang sebagai alas diatas loyang lalu olesi dengan minyak goreng. Tumbuk adonan ketan yang sebelumnya sudah dikukus hingga halus dan masukkan kedalam loyang dan padatkan. Selanjutnya keluarkan gemblong dari loyang dan potong-potonglah gemblong dengan bentuk sesuai selera, segera sajikan bersama dengan saus gula.
  4. Membuat saus gula : Rebuslah santan bersama dengan garam dan gula merah serta tepung beras hingga medidih. Masukkanlah potongan-potongan nangka dan aduk-aduk hingga rata lalu angkat.

Nah demikian tadi resep kue gemblong kicak untuk menu berbuka puasa bersama keluarga anda. Bahan-bahan diatas untuk 10 orang. Selamat mencoba dan berkreasi.

No comments:

Post a Comment