Monday, May 20, 2013

Cara Membuat Puding Adas Merah Istimewa Kenyal Menggoyang Lidah


Cara Membuat Puding Adas Merah Istimewa Kenyal Menggoyang Lidah

Puding adalah makanan yang identik dengan makanan penutup atau dessert yang pada umum nya di buat dengan cara direbus, kukus maupun dipanggang. Istilah ini juga biasa dipakai untuk istilah pai yang diisi dengan buah-buahan, lemak hewani maupun daging yang dipanggang.

Ada berbagai macam cara penyajian untuk puding, yaitu disajikan setelah didinginkan, penyajian ini digunakan untuk puding jenis tertentu yang dibuat dengan bahan dasar susu atau yogurt, tapioka, maizena atau telur yang biasanya rasa dari puding ini manis dengan paduan perisa vanilla, karamel, coklat atau perisa buah-buahan. Sedangkan jenis puding agar-agar biasanya di buat dengan mencampurkan bahan agar-agar dengan susu serta telur dan tepung maizena. Puding jenis agar-agar ini biasanya disajikan dengan tambahan saus atau biasa disebut vla. Saat ini membuat puding menjadi sangat mudah dengan adanya bubuk puding yang siap dibuat hanya dengan mencampurkan air dan susu.

Nah dalam kesempatan yang baik ini untuk anda yang ingin membuat puding sebagai makanan penutup atau hanya ingin menu yang segar untuk menetralisir panasnya cuaca, akan dibagikan resep puding yang pastinya menghasilkan puding yang special. Berbeda dari resep terdahulu yaitu Puding bolu karamel atau puding lapis tiga warna, kali ini akan dibagikan resep yang tak kalah specialnya yaitu Cara Membuat Puding Adas Merah Istimewa Kenyal Menggoyang Lidah. simak saja yuk resepnya yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 50 gram adas manis
  • 3 cm kayu manis
  • 250 ml air
  • 2 bungkus bahan bubuk agar-agar
  • 1 1/4 liter santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan moka pasta
  • 2 sendok makan bubuk cokelat
  • 50 gram gula merah
  • 2 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 1/4 sendok teh rhum, jika disukai (optional)

Cara Membuat Puding Adas Merah Istimewa Kenyal Menggoyang Lidah :
  1. Hancurkanlah adas manis serta kayu manis, lalu tambahkan air dan saring selanjutnya sisihkan airnya. Campurkan bubuk agar-agar, santan serta campuran adas manis dan kayu manis yang sebelumya diproses, lalu sisihkanlah.
  2. Buatlah karamel dengan menggunakan100 gram gula pasir, hingga berwarna kecoklatan lalu angkat. Tambahkanlah moka pasta, bubuk coklat serta gula merah dan saringlah.
  3. Campurkan karamel bersama dengan adonan agar-agar, masaklah hingga mendidih lalu masukkan telur serta rhum, aduk-aduk lalu angkat.
  4. siapkanlah loyang dan basahi dengan menggunakan air. Tuangkan adonan kedalam cetakan dan diamkan hingga agar-agar membeku.

Nah sudah jadi puding specialnya, jika anda ingin berkreasi dengan rasa lain anda bisa mencoba dan mengkreasikannya sendiri di rumah anda untuk hasil yang anda inginkan. Selamat mencoba dan berkreasi.

Tips : Membuat karamel pada dasarnya sama dengan mencairkan gula, yang perlu diperhatikan adalah aduk terus dalam waktu yang ditentukan hingga warna coklat merata, hindari jangan sampai gosong. Setelah karamel jadi segera gunakan karena gula akan mengeras dalam waktu cepat.

No comments:

Post a Comment