Monday, April 15, 2013

Cara Memanggang dan Mengukus Yang Baik Untuk Hasil Yang Sempurna


Cara Memanggang dan Mengukus Yang Baik Untuk Hasil Yang Sempurna

Memanggang dan mengukus merupakan hal yang sangat lazim dalam proses memasak atau mematangkan bahan makanan yang biasanya berupa kue basah maupun kue kering, atau bisa juga untuk proses mematangkan daging seperti sate dan kambing guling. Nahberikut ini akan disampaikan tips-tips Cara Memanggang dan Mengukus Yang Baik Untuk Hasil Yang Sempurna. Brikut tips-tips nya.
  1. Memanggang makanan atau bahan makanan dengan menggunakan arang akan menghasilkan aroma masakan yang lebih harum dan khas, dibandingkan memanggang dengan mengunakan api diatas kompor atau di oven.
  2. Cara yang baik dan tepat dalam membuat bara api : ambilah beberapa bongkah arang, bakarlah arang di atas kompor. Setelah arang sudah menjadi bara, segeralah pindahkan bara api ke tungku pembakaran. Letakkan bara di bagian bawah, kipasilah hingga semua bara menyala.
  3. Panggang masakan dengan menggunakan api besar, sambil dibolak-balik supaya matangnya merata, memanggang dengan menggunakan api kecil akan membutuhkan waktu lebih lama, dan menyebabkan makanan yang dipanggang akan menjadi alot/liat.
  4. Cara memngukus makanan yang benar adalah dengan memasukkan bahan makanan setelah air mendidih. Tutup rapat, lalu masaklah/kukuslah menggunakan api kecil supaya aroma makanan tidak terbuang sia-sia bersama uap air. Bila air pengukus habis, tambahkan air panas yang sudah mendidih kedalam dandang, sehingga air pengukus akan tetap pada konsisi mendidih.

Demikianlah tips-tips dalam proses memanggang dan mengukus yang baik dan benar, tentunya untuk menghasilkan makanan dengan hasil yang maksimal dan sempurna. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment