Monday, April 15, 2013

Istilah-istilah Penting Dalam Dunia Memasak



Di dalam dunia masak-memasak ada banyak sekali istilah yang mungkin tidak atau kurang di mengerti oleh sebagian orang yang baru belajar memasak. Bagaimana mau mengikuti resep memasak jika tidak tahu istilahnya. Berikut adalah beberapa istilah yang sering muncul dalam beberapa resep cara memasak, antara lain sebagai berikut :
  1. Blanching/blansir: memasak sayuran hijau segar dengan menggunakan air dalam waktu singkat, kemudian diangkat dan dicelupkan kedalam air es sebentar. Setelah itu sayuran ditiriskan. Dengan teknik memasak ini sayuran akan matang namun warna sayuran tetap hijau segar serta renyah saat dimakan.
  2. Boiling/merebus: mematangkan bahan makanan dengan dimasak didalam air yang banyak pada temperatur 1000C / sampai titik didih air, hingga matang.
  3. Steaming/mengukus: adalah teknik memasak untuk mematangkan bahan makanan dengan menggunakan uap air yang mendidih. Bahan makanan akan matang secara berlahan.
  4. Grilling/memanggang secara terbuka : teknik memasak untuk mematangakan bahan makanan dengan cara meletakkan langsung bahan makanan di atas api/bara api. Teknik memasak ini biasa digunakan untuk mematangkan sate, ikan bakar, ayam bakar dan kambing guling.
  5. Roasting/memanggang tertutup : teknik memasak untuk mematangkan makanan dengan menggunakan oven. Makanan disiram dengan miyak/lemak/jusnya untuk melembabkan, misalnya ayam/daging.
  6. Baking/memanggang tertutup : teknik memasak jenis ini sangat lazim digunakan untuk memasak atau mematangkan jenis makanan seperti kue kering atau cake dengan menggunakan oven.

Demikian beberapa istilah dalam memasak yang perlu anda ketahui, dan semoga tidak membingungkan para pemula untuk mempraktekanrese-resepnya. Terimakasi semoga bermanfaat. Selamat mncoba dan berkreasi dengan resepnya.

No comments:

Post a Comment