Thursday, April 18, 2013

Tips Memilih, Menyimpan, Memasak Bahan Makanan Yang Baik dan Benar


Tips Memilih, Menyimpan, Memasak Bahan Makanan Yang Baik dan Benar

Dalam kegiatan memasak di dapur pastinya kita tidak ingin gagal memasak gara-gara salah memilih bahan yang akan dimasak ternyata sudah basi saat mau dimasak, atau salah dalam penyimpanan bahan masakan sehingga menjadi busuk saat mau dimasak. Hmmm... bakal jadi kelaparan deh nantinya. Nah setiap bahan makanan yang akan dimasak perlu perhatian dan penyimpanan yang baik sehingga hasil makanan yang nantinya akan dimasak juga akan baik. Pada kesempatan ini akan diberikan Tips n Trick menarik soal memperlakukan dan memperhatikan bahan makanan yang baik di artikel Tips Memilih, Menyimpan, Memasak Bahan Makanan Yang Baik dan Benar. Apa saja tips nya simak saja yuk.
  1. Pilihlah bahan olahan makanan yang masih baik dari fisiknya, tidak mengandung lendir atau adanya jamur dalam bahan olahan. Bahan makanan olahan yang baik ini harusnya selalu disimpan dalam chiller atau freezer. Selalu perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya.
  2. Apabila memilih sosis, daging asap atau bahan olahan makanan lainnya yang dikemas dalam plastik kedap udara, selalu pastikan tidak ada udara yang masuk kedalam kemasan. Plastik harus benar-benar dalam keadaan vacum. Plastik yang menggembung menandakan sudah terjadi proses pelepasan gas oleh bahan makanan olahan tersebut makanan tersebut, sehingga sudah tidak layak untuk dikonsumsi.
  3. Apabila anda memilih bahan makanan dalam kemasan kaleng, harap diperhatikan hindari kaleng yang sudah berkarat, atau menggelembung, atau rusak kemasannya. Apabila ada sisa dari bahan olahan dan akan digunakan lagi lain waktu, bungkuslah rapat-rapat dengan menggunakan plastik wrap lalu simpanlah di dalam chiller.
  4. Sayuran beku biasanya banyak dipakai dalam membuat masakan sehari-hari karena lebih praktis, dan apabila kemasan sudah dibuka, gantilah dengan menggunakan wadah yang bersih, tutup rapat-rapat, lalu simpanlah di dalam freezer. Bila hendak dimasak, ambilah secukupnya, lalu rendam dalam air panas ingga lunak/empuk. Setelah itu tiriskan dan sayuran siap digunakan untuk dimasak.

Nah demikian tadi tips n trick yang harus diperhatikan dalam memilih, menyimpan serta memasak bahan olahan makanan. Semoga beberapa tips diatas membantu dan bermanfaat untuk anda dirumah.

No comments:

Post a Comment